Tuesday, November 8, 2011

When In Rome - Day 3 : Colosseum & Palatino


Jadwal hari ini adalah Colosseum dan Palatino.
Colosseum, udah tau dong? Kalau belum, nonton The Gladiator dulu deh J
Bisa dibilang, setiap turis yang ke Roma pasti bakal mampir ke sini, dan menurut info yang saya denger, antrian tiket di sini gila-gilaan. Terbukti, pas saya sampai sana pun, udah puanjaaaang banget antriannya. Untung, berbekal browsing sana-sini dan tips dari kolega saya, kami disaranin untuk pergi ke Palatino dulu, beli tiket terusan di sana (@12 eur/dewasa)  yang antriannya gak sesadis di Colosseum.
Bener aja, bisa dibilang gak ada 3 menit kami ngantre di Palatinum. Oya, sekedar tips, kalau bawa anak di bawah 18 tahun dan tinggal di Belgia (atau negara anggota EU lainnya) gratis tapi kalau di luar EU mesti bayar seharga orang dewasa. Saya sempet disuruh bayar 36 eur (3X12) gara-gara pas mbaknya nanya saya darimana, saya refleks jawab Indonesia. Untung Jo protes, dia bilang "gak, kita dari Belgia!", artinya Alyssa gratis. Hihi untung si mbaknya baek hati, dia langsung koreksi dan balikin duit kita.. lumayan.. irit 12 euro..*bahagia*
Langsung deh  kita jalan-jalan dulu di Palatino yang guedeee banget itu.  Sempet masuk museumnya dan nonton rekonstruksi gimana bentuk istana dan kompleksnya jaman Nero dulu..
Gilole.. hebat banget yah orang orang romawi kala itu.. Bisa gitu, ribuan tahun yang lalu bikin istana semegah dan sekeren itu.. Sayang sekarang cuma kesisa puingnya aja..

Habis dari Palatino, baru kita ke Colosseum. Karena udah ngantongi tiket, kita masuk aja bablas melenggang melewati ratusan orang yg masih harus antre beli tiket.. Yayyyy…!!!
Kesian deh lo orang-orang.. kenapa gak ceki-ceki internet dulu sih?? hihihi...












Dari Colosseum kita jalan menyusuri kota dengan niatan menuju Pantheon. Tapi sebelum sampai Pantheon, kita bener-bener dimanja dengan arsitektur di sekitar mulai dari puing-puing reruntuhan jaman dulu sampai bangunan-bangunan yang masih utuh yang asli kereeeeeeeen banget. Bener deh kata orang, Rome is an open air museum!


Kita juga sempet makan siang di satu kafe pinggir jalan where I had the besssstt ravioli with pesto sauce. Yum! Murah lagi..(penting!)
Setelah melewati bangunan-bangunan di bawah ini (sama kayak di Vatican, the photos don’t do justice, they are muccch more beautiful in reality) akhirnya kami nyampe di Pantheon. Lagi-lagi, dalemnya indah bangettt..

Pantheon
Pantheon


Monumento a Vittorio Emanuele II



Arco di Contantino





Habis dari Pantheon kita ke Piazza Navona liat air mancur di mana Robert Langdon nemuin satu kardinal terbunuh (unsur air). Piazza Navona ini seru banget, banyak kafe disekeliling dan seniman-seniman jalanan yang bisa bikin lukisan wajah. Kayak di Malioboro. 





Ada satu seniman yang rame dikerubutin orang lagi melukis satu cewek Italy. Ternyata  emang dia jago banget!  Pas saya nanya sama mamanya si cewek yang lagi dilukis berapa harganya, dia bilang ‘fourteen euro’. Gue negesin ‘Fourteen as in One Four? Not Fourty as in Four zero?’ Dia ngangguk. Ya udah saya dan si neng antri, karena kita pengen banget bikin lukisan buat Alyssa. Selama ngantri itu si Alyssa udah kecentilan, pake pose-pose segala, trus ngocehhhh aja gak berenti. Poni dimiringin, diketengahin. Ntar aku begini yah mama, trus begitu, trus melengos samping, melirik, senyum, monyong, senyum lagi.... heboh banget. Sampai pantatnya dilenggok-lenggokin, padahal kan si bapak cuma melukis wajah, jadi gak ngaruh juga pantatnya mo miring ke mana.. hihi..
Begitu si cewek selesai dilukis dan giliran Alyssa, saya negesin lagi ke si bapak, berapa harganya?
Dia bilang ‘FOURTY EURO’.
Arrggggg.. beteeeee deh… bener kan dugaan gue? FOURTY is 26 euro more expensive than FOURTEEN. Syebeeeel.. kenapa sih Bahasa Inggris mesti bikin TY and TEEN yang mirippp.. (apalagi kalau yang ngomong/denger bahasa ibunya bukan Ingris).. akhirnya batal deh.. mahal bo..  Kesian deh si Al udah nungguin sambil bergaya-gaya  gak jadi dilukis. Kecewa banget pastinya, dia sampai mo nangis gitu.. hihihi maap ya Al.. abis mahal…
Sambil mbujukin Alyssa biar gak bete-bete banget, kami jalan menuju ke Trevi Fountain lagi yang ternyata lebih keren kalau malem.. sampai neng minta dibeliin Venetian Mask. Kita udah setuju tapi seperti biasa cari yang murah.. haha. Akhirnya bolak balik masuk toko souvenir, cari yang Al mau dan (sekali lagi) MURAH, tapi gak dapet-dapet.. Beberapa adegan air mata mengalir yang drama banget, tapi untungnya she finally get a grip dan malah having fun sendiri dalam perburuan masker venetia malam itu. Ujung-ujungnya tetep gak dapet.. tapi neng berlapang dada (halah) dan kita janji besoknya mo berburu lagi..

Verdict Day 3: More and more in love with Rome and now I completely understand why they call it : The Eternal City. 

2 comments:

  1. Mbak, revisi dikit yah..di piazza navona itu tempat terbunuh 1 kardinal..ngebayangin 1 katedral jadi ngebayangin pembantaian massal hehe..niwei. thanks untuk tips2nya

    ReplyDelete
  2. ohhh ya ampuun... hahaha.. iya bener.. maksudnya satu kardinal.. hihihi.. makasih yah..
    *langsung edit*
    nulisnya buru2 jadi salah deh! *tutupmuka*

    ReplyDelete