Monday, October 3, 2011

Driving In Belgium

Mumpung lagi kurang kerjaan (padahal biasanya sok sibuk gitu), saya mo cerita tentang nyetir di Belgia.
Nyaris 8 tahun yang lalu, saat saya baru nyampe di Belgia, saya gak berani nyetir di sini. Selain gak boleh karena emang gak punya SIM Belgia, saya pun ngeri soalnya di sini kayaknya orang nyetir ngebut-ngebut gitu.
Iyalah, jelas aja berasa ngebut secara saya kan waktu itu masih terbiasa sama kondisi jalanan jakarta yang maceeeeet mulu. Boro-boro bisa ngebut, seringnya aja gak gerak.

Selain kondisi jalannya yang lansaaaar, saya juga jiper karena di sini kan setir di kiri dan jalurnya di kanan kebalikan dari Jakarta.Kalau menurut mas bule, orang di sini nyetirnya di 'jalan kebenaran'.. hihi, berarti di Indo nyetirnya di jalan yang 'salah' dong!

Sesudah punya SIM Internasional, saya pernah beberapa kali 'nekad' nyetir sama Jo. Tapi tetep, masih aja ngeri. Pengen ikutan kursus mobil, kok sayang duitnya. Mahal beneran bo, udah bisa tuh buat beli tiket pp pulang kampuang. Jelaslah saya gak mau rugi. Pikir saya, ah ntar laa-lama bisa dan gak takut lagi lah..

Tahun demi tahun berlalu, dan saya masih aja jiper pegang kemudi. Jadilah pada masa-masa itu  saya ngandelin public transportation dan  kebaikan hati keluarganya Jo buat anter jemput. Paling sering sih mita tulung emak mertua dan nenek mertua yang untungnya gak pernah protes atau nolak (bahakn sering nawarin). Alhamdulillah ya, sesuatu banget. Tapi yah saya tetep gak enak hati lah kalau minta-minta tolong mulu.
Apalagi sama neneknya Jo yang umurnya waktu itu udah lebih dari 75 tahun. Masa si nenek nyetir dan saya ongkang-ongkang kaki di samping. kan tengsin atuh. Udah mana si nenek itu kalau nyetir suka ajaib lagi. kadang kalau lagi gosip ama saya, nyetirnya jadi pelaaaaaaan banget... sampai mobil-mobil di belakang jadi macet. Terus pernah lebih parah lagi, jadi ceritanya waktu itu saya dan Jo lagi cari rumah untuk di beli, kebetulan di jalan yang kita lewatin ada rumah lagi di jual, dan si nenek dengan asyiknya berenti aja loh DI TENGAH JALAN! Terus beliau asyik aja nunjuk-nunjukin itu rumah ke saya sambil ngomongonin desainnya.. yang ada di mobil-mobil belakannya ikut berhenti dong... tapi neneknya Jo santai ajahhh. tinggal saya yang keringet dingin diklasonin.. hihi

Anyway, setelah bertahun-tahun bertahan gak nyetir, akhirnya Jo maksa saya buat serius ambil SIM belgia dan belajar nyetir, kalau perlu ikut kursus deh.
Saya pun nurut aja, pasrah karena tahu diri kalau ngandelin belajar sendiri atau 'siapa tahu ujug-ujug berani', sampai tahun gajah singset saya gak bakal nyetir-nyetir di sini.
Ya udah, saya langsung beli buku-buku teori lalu lintas, sebagai langkah awal ambil SIM.
jadi kalau di sini prosesnya adalah, pertama kamu harus lulus ujian TEORI SIM. Nah kalau udah lulus, kamu dapet SIM LATIHAN. Dengan SIM latihan ini, kamu bisa latihan di jalanan dengan seorang instruktur. Instrukturnya bisa kenalan sendiri yang udah ngantongin SIM beneran selama minimal beberapa tahun. Bisa juga ambil instruktur professional alias kursus nyetir mobil beneran, yang tentunya mahal biayanya. nah, setelah latihan cukup, baru kami bisa ikut ujian praktek. kalau lulus ujian praktek, baru deh.. dapet SIM 'benerannya' yang berlaku seumur hidup (kecuali kamu melanggar aturan dan SIM kamu disita).

Ribet yah proses bikin SIM di sini?
Embyeeer.. gak bisa main tembak kayak di you-know-where :)
Saya aja, gara-gara underestimate tes teori, mesti ngulang loh! Jadinya saya tes 2 kali. Tapi Thank God, ujian prakteknya langsung lulus. padahal, menurut kabar, banyaaaaaaak banget yang mesti berulang kali ikut ujian praktek. Pernah baca di koran ada orang di sini yang ampe 30 kali lebih gak lulus ujian praktek..
Busyettt banget yak. Tapi hebat juga itu orang gak nyerah-nyerah.. Kalau saya mah, udah pasrah ngebis ajalah kemana-mana.. hihi

Singkat kata, ceritanya saya udah dapet SIM, udah punya mobil sendiri, so i can start cruising alone here in Belgium in my own car all by self. cieeeh !!
Eh, baru 2 minggu saya dapet SIM, udah ketilang sodara-sodara! Apes gak sihhh? Gara-gara ngebut.. hihi.
Emang susyah menghilangkan jiwa supir angkot yang ada pada diriku ini.

Nah, sekarang saya udah +/- 4 tahuna bisa nyetir di sini.
Kesimpulan yang saya dapetin adalah:

* saya jadi gak berani nyetir di Jakarta lagi. Riweeuuh benerr
* pengendara mobil di Belgia sabar-sabar dan suka ngasih jalan. beneran deh, baek-baek bangettt.. saya ampe suka terharu.kalau abis dikasih jalan, suka pengen turun mobil trus sungkem ama si supir baik hati tersebut.
* saking sabarnya, orang-orang di sini jarang pake klakson
* kalau ada ambulance atau mobil polisi yang ngiung-ngiung gitu, jalanan langsung kayak kebelah karena semua pada melipir berhenti ngasih jalan. keren deh, kayak di film apa gitu, God Almighty kalau gak salah yah?
* jalanan di sini masih mengenal jam sibuk, alias macetnya kala jam-jam tertentu gak setia setiap saat kayak di JKT.

Well, kalau kamu suka nyetir, nyetir di sini masih lumayan menyenangkan. Gak terlalu stres lah pokoknya.
 Tapi saya sih tetep pengen 'nyobain' nyetir di jakarta lagi.
Di jalan yang 'salah' :)

2 comments:

  1. suka banget sama si neneknya Jo wkwkw. tp bukannya, kl bikin macet, kl ada yg komplain, bisa ngurangin point di sim tuh? preman bener si nenek! btw, aku jg lg ngambil sim. tp jiper sama kopling, ambil yg sim mobil matiq aja. doain ya biar lancar.. :-)

    ReplyDelete
  2. yah selama gak ketauan mah gak papa.. haha..
    lagian supir di sini kan baik-baik.. gak bawel..

    ReplyDelete