Monday, October 11, 2010

Review : The Help - Kathryn Stockett


One thing you must know, saya ini jarang-jarang bikin review. Karena saya nggak suka komentar jelek tentang satu karya di publik. Saya cuma mau komentar kalau menurut saya karya itu bagus dan pantas direkomendasikan.

So here we go...

Buku ini nggak sengaja saya temukan di toko buku di stasiun Cologne saat saya sedang menunggu kereta ke Brussels. Rencananya mau beli glossy magazine buat dibaca di kereta, tapi jadinya terpincut buku ini. Thank God, saya nggak salah pilih.

Saya selalu suka buku yang ditulis dari sudut pandang orang pertama, apalagi kalau si orang pertama itu anak-anak atau kaum minoritas. Alasannya? Karena 'suara' mereka terdengar lebih jelas. Kita bisa masuk ke alam pikiran mereka, kesederhanaan mereka, kepolosan mereka, dsb..

Buku ini pun ditulis demikian, dari sudut pandang ketiga tokohnya. Menceritakan tentang kehidupan African-American sebagai asisten rumah tangga keluarga kulit putih di Mississippi tahun 60-an -, yang masih sangat diskriminatif.

Tokoh pertama Aibileen, yang dianggap 'bodoh' tapi justru lebih bijaksana dan berpandangan terbuka dibanding bos-nya si kulit putih. Aibileen adalah karakter favorit saya di  buku ini. Dia lembut, keibuan, tapi super tegar. Saya suka bagaimana penulis menuliskan tokoh Aibileen ini, dengan bahasa inggris yang tidak sempurna, tapi makna kata-kata yang diucapkannya terasa sangat menyentuh..

Tokoh kedua adalah Minnie, teman Aibileen sesama ART. Bedanya karakter Minnie lebih hidup dan meledak-ledak. Dia galak, tapi baik hati. Dia keras, tapi takut setengah mati sama suaminya..

Tokoh ketiga adalah Miss Skeeter, si kulit putih yang berpandangan terbuka yang 'berteman' dengan para pembantu kulit hitam.

Membaca buku ini, emosi jadi teraduk-aduk. Tertawa dan menangis dengan keluguan bahasa Aibileen.. Tapi juga deg-degan dengan 'proyek berbahaya'  yang dikerjakan ketiga tokoh utama dibantu para 'pembantu' lainnya. Cerita yang unik, tapi sangat menyentuh.

I LOVE IT!
Ini adalah satu dari sedikit buku yang menjadi favorit saya.
I love reading, but it's not easy for me to really really like one particular book.
So if i say i love it, it must be one hell of a book!

No comments:

Post a Comment