Thursday, February 10, 2011

To Write or Not To Write

Eits, udah pertengahan February ajah dan saya masih belum melaksanakan niatan ‘suci’ yang saya niatkan tahun lalu.
So much for making resolutions J
Alesan banget gak sih kalau saya bilang semua ini gara2 kerjaan yang lagi super ribet.
Beneran, intenstitasnya lagi meningkat banget sampai rasanya tuh capek banget kalau udah pulang ke rumah.. kepalanya masih penuuuuh dan terasa berat. I barely have energy left deh!
Emang sih, teorinya ‘kemalasan’ dan kekurangan energi itu harus dilawan dengan olah raga (which is salah satu misi saya juga).. tapi tiap hari saya bangun dengan niatan, “Oke nanti sore saya mo olahraga” … Tapi begitu sorenya, setiap pulang kerja saya palingan ngejogrok di sofa dengan alasan : ‘nemenin alyssa nonton tipi dan istirahat sebentar’. Hanya saja yang sebentar jadi lamaaaa deh.. Dan tau-tau udah waktunya tidur jadi rencana sucinya ditunda buat ‘besok’; terus aja begitu…
Tambahan lagi, sekarang setiap senen-kemis, saya les bahasa belanda lagi dari jam 19.00-21.30..

Itu semua bikin saya gak punya waktu buat nulis. Err.. mungkin lebih tepatnya nggak menyediakan waktu.
Namun, satu sisi di kepala saya keep asking, pushing me to write, sementara sisi yg laen bilang ‘no I don’t wanna do it. Not now!’.
Tokoh-tokoh yang sudah saya ciptakan pun meneror saya, menggedor-gedor, meminta ceritanya untuk disampaikan. “Hey” kata si Mike, “I should have been dead by now!”.
Atau “Can you change your story and keep my mother alive?” kata si gadis 9 tahun yang seharus-nya jadi piatu, atau “Yuhuu, can you make me kiss that yummy guy?” kata Lexi.

Kombinasi semua itu bikin nulis jadi terasa seperti beban.
Gak gampang untuk nyuekin ‘teror-teror’ itu, tapi gak gampang juga untuk menyediakan waktu dan energi buat menulis.
Sometimes, you just have to choose your priorities. Dan saat ini, menulis ada dalam daftar terbawah di agenda saya.

Jujur, aja, kadang saya mikir, mungkin sekalian aja I stop trying. Nggak usah nulis sekalian, biar gak ada beban, and hopefully the terrors would stop.
But, will that make me a coward?
Or a quitter?
Dan kalau dulu bisa, kenapa sekarang gak bisa?
Kalau saya berhenti, apakah itu artinya menyia-nyiakan kesempatan yang sudah dianugerahkan buat saya?
Should I be realistic, or should I push my self harder?
Atau saya bawa santai, dan ‘liat gimana nantinya aja’?

Should I shouldn’t I?
That, my friend, is the question.

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Aku sudah mulai mengalami yg begitu.. pdhal sbg org di dunia tulis menulis, aku blm apa apa ya. susah memang membagi antara nulis dan kehidupan sehari-hari. kdg kita kehilangan prioritas (tapi kl penulis full justru kdg tersiksa krn py waktu tp pas ide kosong). Menurutku, nulis itu selain gift juga dorongan natural kita. kl berenti rasanya kemgknan besar, susah. teror itu selalu ada. mgk spt fanny pernah bilang, kl lg kena writer block ya biarin aja. jg kl lg banyak ide tp nggak bergerak, skdr coret-coret di kertas. sarana katarsis. btw, aku sih bukan penganut olah raga cara melawan kemalasan haha. kl capek ya capek aja

    ReplyDelete
  3. Wuwun, iya nyari waktunya emang susah bener yah. begitu ada waktu luang, pengennya dipake istirahat.

    ReplyDelete
  4. hehehe iya fan, kadang emang harus nungguin mood..gw dulu pas kerja di majalah sempet menelantarkan blog karna ngerasa udah enough banget sama yg namanya nulis...

    mungkin loe bisa mengalihkan dulu ke kegiatan lain sampe kangeeeen banget sama nulis =D baking-membaking misalnya? =p

    ReplyDelete
  5. Astrid.. kadang moodnya mampirnya pas gue lagi di kantor :( begitu sampe rumah udah tepaar.. huaa..
    dan semakin lama gak nulis, semakin 'ilang momennya'.. tapi tetep semua cerita itu 'memanggil-manggil' jadi bikin gelisah. *loh kok ini malah curhat*

    ReplyDelete