Saturday, February 12, 2011

balada seorang kitchen princess

Ceritanya, beberapa hari yang lalu saya ngebaca blog dia-yang-namanya-tak-boleh-disebut (tapi boleh diklik.. hihi!) yang abis bikin banana peanut butter muffin(BPBM). Wah, saya ngeces berat liatnya. Banana, saya suka. Muffin, saya doyan. Peanut butter, kesukaan saya. Nggak mungkin gak enak. Lagian, katanya, gampaaang banget buatnya. Terus, saya emang punya cita-cita bikin muffin lain selain muffin pisan-choco-chips andalan saya (dan satu-satunya jenis muffin yang saya kuasai dan pernah saya buat).
Nah dengan alasan-alasan itulah, saya berniat untuk bikin BPBM itu.

Niat saya sempat tertunda karena baking powder saya abis, jadi acara baking-bakingan diundur sampai weekend. Kebetulan, saya juga kepingin beli measuring cups. Biasa.. latah.. hihihi! Dasar emak-emak..
Ternyata oh ternyata, gak gampang loh cari measuring cups di Belgie. Dasar kampung deh Belgie ini.. Atau mungkin karena MC itu ukuran Amerika, jadi gak kepake di sini? Entahlah. Yang jelas saya ampe niat banget ke mall ke toko khusus masak-memasak alice-delice plus beberapa toko (ada kali 5 toko saya liatin).. nggak dapet juga! Akhirnya saya nyerah.

Eh, pas ke Carrefour buat belanja makanan sekalian beli baking powder.. saya nemu itu measuring cups! Digantung begitu aja deket tepung-tepung.. Woohooo!!!! Udah gitu sepaket pula dengan measuring spoons.. Yay!!! Murah lagi! Double Hurrayyyy!!!

Sayapun langsung mikir.. ini kayaknya jodoh nih.. emang udah suratan kalau malam ini saya harus baking! *halah*

So.. here we go. Kitchen Princess langsung beraksi.

Dari awal, saya udah niat pengen strict ngikutin resep. Gak mau sok 'kreatip' seperti biasa yang suka ngerubah-ubah resep seenak jidat. Pokoknya kali ini saya mo nurut.
Kecualiii... saya gak pengen pake wortel seperti resep, soalnya saya males bikin pure wortel, lagian gak punya wortel juga. Jadi niat saya pisangnya aja dibanyakin. Udah segitu aja perbedaannya....

Tapiiiiiiii.... ternyata pisang di kulkas tinggal satu biji. Padahal tadinya saya pikir ada dua biji. Ah sudahlah, sudah malem, gak papa pake pisang satu biji ajahhh...

So saya tetap meneruskan pembuatan BPBM saya.
Biar gaya, tentu saya pake measuring cups baru dong.. yang ternyata in a way rada bikin belepetan kemana-mana... tapi gpp.. tetep lebih praktis daripada harus nimbang-nimbang..
Oya, gak lupa pake measuring spoon juga dong.. walaupun tadinya saya gak niat beli measuring spoons karena biasanya saya pake perasaan doang, tapi karena udah punya, baru pula.. jadi kan berasa keren kalau dipake.. hihi. kayak koki profesional!!!

Cuma kok... ini katanya garemnya 1 tsp, tapi kok gede aja sendoknya, gak bakal asin nih.. ? Hmm.. saya mulai ragu. Berhubung saya janji mo ngikutin resep, yah saya terus aja nuangin garem ke sendok... sampai tiba-tiba mata saya gak sengaja ngeliat sendok-sendok lain dan liat satu sendok kecil dg tulisan 1/2 tsp. Lah, jadi yang lagi saya pake ini apa dong?
Ternyata sodara-sodara... saya lagi nuangin garem ke sendok 1/2 tbsp instead of 1/2 tsp.  Halah, beda satu hurup doang ternyata besar yah bedanya :)) Ups.. untung ketauan!!!
Habis itu saya bubuhin 1/4 tsp baking soda dan 1/4 tsp baking powder... ehhh.. tapi kok kayaknya dikittt banget.. tambahin lagi deh baking powdernya sejumput... Yaelahhhh.. kalau begini mah ngapain juga pake measuring spoon segala Pan? *toyor*

Ya.. setelah itu semua lancar sampai saya memasukan adonan muffin ke dalam oven, terus saya mulai beberes dapur dan melihat... stoples brown sugar ! Auuu... resepnya tuh bilang, kalau sebelum adonan dituang ke cetakan, harusnya ditambah gula lagi...dan... saya...lupa... hiksssss....

Yo wess lah.. gue juga gak terlalu suka manis, saya menghibur diri.  Terus ngejogrok di depan oven buat ngeliatin muffin saya. Eh, tapi kok setelah 5 menit gak ada tanda-tanda ngembang yah... Terus.. kok kayaknya adonannya lumpy sangat begitu. No wait.. adonannya emang harus lumpy, tapi adonan gue itu... errr.. dehidrasi gitu kayaknya....

Ya sutra lah. saya pasrah...
Gak lama kemudian... muffinnya jadi. Kayak begini bentuknya.
Rasanya.. lumayan enak kok, tapi kurang manis (ya eyalaaaah ...!!!)

3 comments:

  1. heiii memangnya aku voldemort??

    enak ga fan? kayanya klo ngga pake wortel lebih enak ya...hihi *masih nda rela aja gw wortel dimasukin ke kue*

    ihhh gw jadi pengen beli measuring cup juga deh...mau semedi dulu ah, soalnya beli measuring spoon aja mikirnya lama. Pelit tapi pingin banget punya gara-gara liat measuring cup warna-warni di Ace :P

    ReplyDelete
  2. wah Fan, muffinnya rasanya enak tuh, gak kalah sama yang dijual di bakery heheee
    btw, gak coba bikin cupcakes gitu fan?
    Lagi banyak banget di Indo

    ReplyDelete
  3. Voldemort eh Meta: gue beli measuring cup sepaket ama spoon-nya muraaah deh Met. biasa aja sih gak pake lucu secara itu satu-satunya (kayaknya) di sini.

    Rina : kalau gue pengen cupcakes, biasanya gue bikin muffin terus gue bilang 'ini cupcakes'.. hihii.. :)

    ReplyDelete