Wednesday, October 27, 2010

Indonesia Menangis

Baru hari Senin kemarin, di acara berita anak-anak di Belgia (Karewit), aktivitas Merapi ditayangkan. Kebetulan waktu itu Alyssa sedang menonton, dan pastinya saat dia mendengar 'Indonesia' disebut-sebut, dia langsung semangat. "Mama, Indonesia! " tunjuknya ke layar TV.
Di acara itu, dibahas tentang gunung Merapi yang mulai aktif. Berita itu juga menyorot beberapa anak SD sedang upacara bendera di sekolah  dan kegiatan masyarakat yang berada di sekitar gunung itu.

Keesokan harinya, kami mendengar kalau Indonesia dilanda dua bencana besar. Tsunami Mentawai dan erupsi gunung Merapi.
Sedih itu pasti.. 
Pulang kantor, saya membahas soal Merapi sama Jo, dan tiba-tiba si neng nyamber:
"O yaaa... gunungnya mau meletus dan anak-anak itu dalam BAHAYA mama!" katanya heboh.
Rupanya dia masih ingat berita malam sebelumnya :) Si neng nggak sadar kalau gunungnya sudah meletus malam itu :(

Alhamdulillah, keluarga saya nggak ada yang terkena dampak musibah ini. Cuma katanya, rumah tante saya (di Cilacap!) terkena hujan abu. Cukup tebal sampai motornya 'putih semua' :)

Pagi ini, saat mendengarkan radio dalam perjalan ke kantor, berulangkali disiarkan kabar tentang dua bencana yang menimpa Indonesia. Hati saya berdarah mendengarnya. Beberapa kolega juga menanyakan apakah keluarga saya baik-baik saja. Di Twitter, banyak ditemukan trending topic tentang Indonesia, bahkan Tom Cruise and Justin Bieber pun men 'tweet' simpatinya.
Terharu rasanya. Knowing that people still care,are willing to help, kindda bring a smile on your face. Hati jadi terasa lebih adem :)

Saya jadi ingat, beberapa tahun yang lalu, saat lagi sibuk bekerja di kantor, tiba-tiba seorang kolega menghampiri saya, panik. "Fanny, ada gempa di Indonesia! Cepat cek keluarga kamu!". Haduuuh .. saya langsung gemetaran. gempa? Gempa di mana???
Belum habis gemetar saya, kolega yang lain ikut nimbrung "Cepat! Telepon keluarga kamu. Sekarang!"
Yang lain langsung meng 'google', mencari tahu di mana tepatnya gempa berada. (Yang ternyayta, jauh banget dari pulau Jawa - but then how could they know where my family lives J)

You know, bad things happen.
It is sad, tragic, and devastating, but I'm sure God will always help us through it all.
And one day.. eventually, we might be able to see the reason, the silver lining, whatever that is.
Dengan tidak bermaksud mengecilkan efek bencana ini, tapi sepertinya tragedi ini membuat persatuan bangsa Indonesia jadi semakin kuat. Bahkan pastinya banyak orang yang malamnya didera kemacetan karena banjir selama berjam-jam, melupakan marah, capek dan kesalnya begitu saja setelah mendengar berita ini. Semua problem dan masalah menjengkelkan rasanya langsung menguap, nggak ada artinya saat kita membayangkan derita para korban bencana.

My deepest condolonces to all victims and families..
Lets pray for Indonesia, peeps!

PS. hari ini pulang kantor, alyssa lagi nonton tayangan berita anak lagi.. begitu liat saya, dia langsung heboh "Mama..mama..Indonesia!!! Gunungnya meletus, dan beberapa orang tidak terselamatkan..." lalu diam sejenak "Uti gimana mama?"
... :) Alhamdulillah Uti dan semua baik, but thanks for asking neng!!

3 comments:

  1. berkaca-kaca membaca postingan kamu yang ini, Fanny :(
    people still care, so glad to know that
    semoga ini membawa Indonesia menjadi lebih baik ya, bukan terpuruk

    ReplyDelete
  2. iya Rin.. sedih tapi terharu sekaligus..
    bencana ini mengingatkan kita, masih banyak kok orang baik di dunia.. plus ngingetin untuk selalu bersyukur dan tolong menolong..
    aku yakin ini cobaan, hopefully we' pass the test'.. dan Indo akan jadi bangsa yang lebih baik dan besar lagi :)

    ReplyDelete
  3. bener sih, sebelum menjadi besar, biasanya ada ujian kelayakan dulu
    mungkin ini satu yang harus dilalui ya, sebelum yang terbaik terjadi, amin

    ReplyDelete