Monday, September 20, 2010

The Financial Planner

Caution : contents may be hot.. eh gak penting!!!
.. err ini mah judulnya ajah yang keren yah.. haha biar gaya, padahal postingannya super ngawur!!!


Sabtu kemarin, saat lagi di dalam mobil, tiba-tiba sebuah gagasan brilyan muncul dalam benak.
TING! Kayak Lang Ling Lung, satu bohlam imajiner bersinar terang di samping kepala saya.
Seketika itu juga saya membuat satu janji pasti demi masa depan indah, cerah di depan sana. Karena itu saya menunduk, memejamkan mata, lalu dengan khidmad berkomat-kamit, bersumpah dalam hati.

“Saya, Fanny Hartanti berjanji, saya tidak akan mengeluarkan uang lebih dari 1% jumlah tabungan saya untuk satu fashion item. So help me God”

Niat yang mulia, indeed.
A bit ambitious, perhaps?

Tunggu dulu, sebelum kamu mencibir, ini alasan saya.
1. kenapa satu persen?
Alasannya karena kalau saya memilih 10% itu terlalu besar. Bukan jumlahnya materinya, tapi coba pikir deh; kalau kamu berhenti aja belanja sepuluh kali, artinya kamu udah bisa ngedobelin tabungan kamu. Nah, yang ada kalau mikir gitu mulu, saya nggak belanja-belanja! Haha
Bingung? Gini itungannya :
Misal - ini misalnya yah -tabungan kamu 10 jt – 10%-nya = 1jt. Lumayan dapet sepatu lah. Nah kalau setiap kali kamu liat sepatu cantik terus mikir, ‘gue puasa beli sepatu sepuluh kali aja, tabungan gue bisa dobel.. yang ada bisa gangguan jiwa karena harus puasa belanja terus. Ngerti ora son?
Makanya dibuat 1 persen, artinya gak mungkin banget kan nunda belanja 100 kali.. Jadi, masih ada jendela buat shopping..

2. Dengan menetapkan plafond begini, akan mudah menentukan mana barang yang kemahalan dan mana yang masih terjangkau. Bahkan to some extent, kita makin giat buat menambah tabungan kita karena semakin banyak tabungan kita, semakin naik persentasenya, semakin tinggilah ‘jatah’ belanja-belenji.

3. Saya tuh nyaris gak pernah tergoda beli barang-barang designer brands gituh. In other words, I’m cheap (baca : kere). Jadi saya (pikir) saya nggak perlulah dana gede-gede buat fashion… so I can do this! YES I CAN!

Maka, dengan jumawa saya pamer soal ide saya ini ke Jo, yang langsung disambut dengan sumringah. I felt like a genius already!

Sampaaaiiii.. sampai saya inget berapa jumlah tabungan saya, terus saya mulai ngitung-ngitung lagi berapa 1 persen dari situ...
Kok… hiks… errr.. *nelen ludah* .. kecil bener yaks????!!!!!
Ini mah gak cukup buat beli sepatu yang saya pengen! Jangan-jangan cuma dapet sebelah doang… Mending cuma sebelah, bisa-bisa cuma dapet balon doang (toko sepatu langganan saya selalu kasih balon gratis)!

Huaaa.. bagaimana ini bagaimana ini…
Saya langsung memutar otak, siapa tahu ada saving account yang terlupa. Tapi kok … gak ada!

Hmm.. mencoba merevised janji sama jo.. kok malu yah?
Janji, janji sendiri belon ada satu hari udah mo diingkari.. haish..mau ditaruh di mana muka ini???
Biar udah pakai alasan basi macam ‘I’m a woman, I have every right to change my mind!’ – tetep nggak ngaruh..

Kata sudah terucap, janji sudah tersumpah, pantang awak menjilat ludah sendiri!!!!

So, the only way out is….
… mengutak-atik janji saya.
Luckily, I used the keyword : fashion item.

Artinya, kalau saya butuh, say, winter coat - karena punya saya yang lama udah butut… maka winter coat itu tidak termasuk dalam ‘fashion item’… karena itu kan.. errr.. kebutuhan. Karena bukan fashion item, artinya, ini tidak tercakup dalam perjanjian ‘dibawah satu persen’. Yang artinya saya bisa beli yang rada mahalan dikit!

Yay!
Hebat yah hebat yah hebat yah!

Damn! I’m soooo good in financial planning, I should become a financial planner!
Safir Senduk, Aidil Akbar, Ligwina Hanato maaah lewaaat!!!!

11 comments:

  1. wkwkwkwkk fanny, serasa baca becky bloomwood di postingan ini. Ayo bikin novel tentang ide saving mu itu fan, jenius pasti.
    dan kalau tembus sama Hetih, jatah khusus untuk royalti buku ini, boleh kepake buat fashion 50 persen
    asyik kan Fan? :)

    ReplyDelete
  2. 50? 100 lah.
    kalau royalti buku itu 100 persen buat senang-senang Rina! mwhahaha

    ReplyDelete
  3. I'm so gonna be your first client, hahahaha

    ReplyDelete
  4. Meta : you're so gonna be my favourite client!

    ReplyDelete
  5. buahaha..kocak abis. kalo mau beli sepatu bisa nggak diplesetin juga jadi non fashion item alias kebutuhan??? (semua ajah ya, dasaaarrr)

    ReplyDelete
  6. Astrid, sepatu termasuk fashion item. tapi satu persennya buat sebelah, jadi kalau satu pasang boleh 2 persen.. hehehe

    ReplyDelete
  7. Kenapa gue baru baca postingan lo yang ini? Yang ada kalo gue jadi client lo tabungan gue bukan tambah banyak tapi tambah dikit (baca: fin planner & clientnya sibuk belanja mulu) LOL!

    ReplyDelete
  8. mbak otty mo daftar juga jadi klien? oke namanya sudah saya catat di waiting list yah.. :)

    ReplyDelete
  9. ngakak bacanya,Fan. Hua hebatlah, mau daftar jadi klien dirimu yaak, tapi gak rp750rb/hour kan? :D

    ReplyDelete
  10. Ipeh,
    maap, saya gak terima Rupiah.
    maenan saya Euro!!! hah hah hah!!!

    ReplyDelete