Wednesday, December 29, 2010

The Wedding Games - behind the scenes -

  • Draft novel ini ditulis th 2009. sekitar setengah-nya ditulis ngebut dalam waktu satu minggu saat saya cuti sakit (eh beneran loh sakitnya!). Gusti Allah loves me so much, di saat saya stres karena gak punya waktu buat nyelesein cerita saya, He gave me some time to take a break from the daily routines. Alhasil saya makin puyeng-puyeng tapi bahagia..

  • Proses terbitnya makan waktu sekitar setahun. countless of revisions, adding & deleting scenes.. but hopefully, hasil akhirnya memuaskan yah :)

  • Alyssa protes waktu liat foto saya di cover belakang dan nggak ada foto alyssa.. katanya 'Mama menelantarkan Alyssa' Ya olooo drama banget. Tapi sstt.. emang itu foto sebenernya hasil crop dr foto saya berdua alyssa.. hihi.. mo liat versi aslinya? Silahkan liat di bawah!

  • Masih soal foto, editor saya nawarin buat ganti foto dan mencantumkan foto alyssa juga di back cover(setelah ia tahu al sedih).. tapi saya menolak. Alasannya: takut kalah cantik ntar bersanding sama supermodel :)

  • Tadinya saya pengen bikin Dania sebagai chief editor majalah wanita terkemuka.. Tapi gak jadi. Entah kenapa idenya mandek.. dan tiba-tiba muncul sosok 'bridezilla' - Mandy dalam kepala saya.

  • Sebenernya ini draft ke empat saya.. draft yang ketiga, justru masih belum selesai!

  • Nama Dania itu, saya pinjem dari nama putri kesayangan sahabat SMP saya J

  • Tokoh fave saya di buku : Indra dan Ferdi !

  • Susaaaah banget nyari judul buat buku ini.. Tadinya saya udah niat banget bikin judul bahasa indo.. tapi semua saran saya ditolak mentah2 sama Gramedia. Sampai suatu hari, di pengkolan deket rumah, saya tiba-tiba menemukan 'the wedding games'

  • Saat melihat buku saya, Alyssa langsung mau beli, dia tanya berapa harganya. Saya jawab 5 euro. Terus dia langsung ambil dompetnya (yang isinya koin semua), dan bayar saya 5 cents. 'Segini aja yah mah!' katanya. Pas saya bilang, dia boleh gratis.. dia bilang gak mau.. dan tetep bayar saya 5 cents. she asked if she was my first client (she really use the word 'client'). I told her she's my best 'client' !!!

  • Ini karya pertama saya yang ber-setting di Indo, seneng deh.. selama pembuatan kayak bernostalgia dan ada di Indo beneran!!

15 comments:

  1. Alyssa itu SO SWEET yaah...udah mana cantik, udah mana pinter, udah mana baik hati...nanti Nara gw suruh kenalan sama Alyssa ah, siapa tau Alyssa naksir. Brondong-brondong deh...

    Hmm..gw belum sampe ketemu Ferdi nih bacanya. Gak sabar. Soalnya baru sempet baca sampe hal 111. Itu juga mengakibatkan gw bermata panda pagi ini. Gw bangun stg4 buat nyusuin Leandra, trus gw bukannya tidur lagi malah baca buku lo...haha.

    aku ingin jadi novelis juga... *loh*

    ReplyDelete
  2. hahahaha!!! kayak mamanya yah :))
    iya2 suruh kenalan ama Nara.. sesama 2 anak jail ketemu apa kabar yah? hihihi

    beneran mo jadi novelis? sok atuh nulis.. hihi

    ReplyDelete
  3. Hallo Mbak Fanny.
    Sebelumnya aku mau kenalin diri ya, aku Riva. Sejak baca buku Mbak Fanny yang Four Season in Belgium udah 'jatuh cinta' sama tulisan Mbak Fanny.. Bahkan Mbak Fanny secara ga langsung udah ngedorong saya buat bikin cerita juga. Hehehe.. Dan sejak itu saya selalu nunggu buku Mbak terbit, terus C'est La Vie terbit.. aku ngebut langsung beli.. dan lagi2 tersihir dengan ceritanya yang ringan tapi ngena.. Aku selalu terharu campur seneng baca nya.. Dan tadi siang bela-belain ke Gramedia Matraman beli buku The Wedding Games setelah nyaris dua minggu ga bs jalan2 gara2 UAS di kampus -yeah im still a uni student :)- dan jam enam sore tadi baru aja selesai
    Aku tersentuh baca setiap bku-buku mbak Fanny, ga tau kenapa kayak ada daya tarik yang besar.. Maaf ya Mbak gombalale gini :p. Yang penting the best lah tulisannya. Di tunggu novel-novel selanjtnya yaaa...
    Allysa nya tambah gede tambah cantik deh :) oia kok baca Dea brasa kayak si Al ya ?? hehehe.
    Omong-omong.. Juli kmaren aku ke Belgia, brasa kayak udah pernah kesana gara2 udah "kenalan" di Four Season in Belgium :D

    Happy New Year ya Mbak..

    Salam dari Jakarta,
    Riva.

    ReplyDelete
  4. mbak fanny, salam kenal:)
    berawal dari iseng cari blognya orang indo yang tinggal di belgia... sekarang aku malah ketagihan ngikutin cerita blognya mbak fanny... terutama cerita tentang neng al, beneran deh itu anak lucu, pinter n so sweet banget sih... jadi suka membayangkan kalo anak cewekku yang skrg masih bayi, 5-6 tahun lagi bakal kayak gitu juga :))

    ReplyDelete
  5. Senang baca posting ini. thanks for sharing. kl di penerbit kami, prosesnya 6 bulan dari draft masuk. dan hebat ya, biar sakit masih bisa ngebut melototin kompi hihi. Keep writing!

    ReplyDelete
  6. gak bisa stop baca buku the wedding games,pengin baca terus sampai halaman terakhir habis seru banget sih
    hasilnya dalam 2 hari udah kelar,padahal biasanya sejak ada zahra baca buku seminggu juga belum kelar-kelar
    suka sama ceritanya
    ditungu buku selanjutnya

    ReplyDelete
  7. @Fanny
    happy new year Fanny :)
    Aku sudah baca wedding games, di solo
    heheee, bener tuh, pas luang malah di solo. Di jakarta, hectic bener deh
    Bagus Fan
    keren
    Entah kenapa,, aku suka lho sama Mandy :)
    biar spoiler lil girl gitu, tapi rasanya, tetap loveable
    Dan of course, suka sama Dania
    sedihhhh waktu dia tahu kalau Dion terlibat affair sama...
    ah, sudah ya, nanti malah jadi spoiler
    intinya, oke banget Fan
    keep writing ya
    love your writing style, so much

    ReplyDelete
  8. @Riva : auuw.. thank you so much dear, Glad you like my books!! pas ke Belgia kenapa gak mampir :) Selamat thaun baru yah!!

    ReplyDelete
  9. @ERiN : salam kenal juga!!! makasih yah! Kamu di Belgia juga?

    ReplyDelete
  10. @Wuwun : Hi, sama2! good luck on yr debut :)

    ReplyDelete
  11. @Lila hihi.. makasih yah! untung Zahra gak rewel ditinggal baca buku dulu! makasih Zahra!

    ReplyDelete
  12. @Rina : Hey Rin, udah balik dari Solo? How was it? Irish suka gak? pasti yahh...
    Ahaha... Mandy si unyu-unyu! hehehe
    thanks for the nice comments ya Rin! It means a lot coming from a good writer :-)

    ReplyDelete
  13. Hahaa, iya Fan, sdh balik. Masih pingin stay di sana, makan soto ;)
    wkwkwkk
    Irish juga happy banget. Pas tahu kita mau balik, langsung sedih. Bilang, harusnya tinggal sehari lagi mama. Halah...
    Hihi.. sama2 ya Fan :)
    Dari dulu aku suka sama style nulis kamu. Sejak four season in Belgium...
    gak sabar nunggu draft berikutnya :)

    ReplyDelete
  14. Iya, di Leuven.. kalau Mbak Fanny di kota apa?

    ReplyDelete
  15. Rina : Sip!

    ERiN: di Herentals, sekitar 40 km dr Antwerpen. Aku sih kerja di Antwerp :)

    ReplyDelete