Friday, October 29, 2010

My Twisted Mind

Saya paling benci kata ‘ngelunjak’
Karena menurut saya, ‘ngelunjak’ itu adalah sebahagian dari usaha !

Ehm..

Beberapa teman senasib yang menikah dengan ‘bule’ sering mengeluh. Katanya, kalau mereka pulang kampung ke Indonesia, dan jalan dengan ‘cowok bule’ mereka, mereka selalu ditawari ‘tarif orang asing’, bukan ‘tarif lokal’. Pastinya lebih mahal.

Contoh, kalau biasanya WNI naik becak tarifnya 50k, kalau lihat gandengannya orang asing, abang becak minta tarif spesial 20k. Padahal kan nggak pake telor :)

Wajar, kalau banyak yang ngomel. Tapi saya.. saya nih yah.. with my twisted rebelious crazy mind… justru seneng.

Kenapa ?
Ini alasan-alasan saya :
1. Karena bawa bule, saya dianggap lebih tajir. Orang tajir kan biasanya keren. Berarti saya keren dong .. ahahaha
2. Saya senang, karena abang becak itu melihat peluang. Mungkin dia salah, karena saya ternyata kere, tapi yang penting kan dia usaha.
3. Saya selalu menghargai orang yang gigih dan bisa mengendus kesempatan
4. Saya menghargai hak si abang becak untuk menentukan tarifnya.
5. Mungkin si abang tidak menaikan tarif pada orang yang dianggap lebih, tapi dia justru memberi diskon pada orang yang kekurangan.
6. toh kalau saya nggak setuju harganya, saya bisa nawar

Saya bingung. Sepertinya ada anggapan di masyarakat, kalau orang-orang yang stratanya dianggap lebih ‘rendah’ harus nrimo, terima nasib. Dikasih lebih syukur, nggak ya pasrah.
Misalnya seorang ART yang minta kenaikan gaji, atau extra cuti atau apalah.. kemungkinan besar majikannya protes. Tak jarang, keluar ucapan ‘dasar ngelunjak’.

Padahal, kalau menurut saya, itu adalah hak dan kewajiban setiap orang untuk memperbaiki nasibnya.

Saya sendiri selalu minta kenaikan gaji dan fasilitas dari kantor. Mungkin Pak Bos saya sampai pusing menghadapi saya, tapi hey… I owe that to myself and my family. Saya mau usaha keras saya dihargai dengan maksimal. Dan meminjam istilah pakbos, asking is for free.
Meminta itu gak bayar. The worst case scenario, you get ‘no’ as an answer. But the best… you might get even more than what you asked for !

Just like my fave quote : shoot for the moon, even if you fail, you’ll land among the stars (baca : yang penting usaha) !!!

TAPI..
ada tapinya yah..

The keyword here is : USAHA
so you gotta work before you ask for something (kalau nggak, namanya clamitan dan mengemis)
dan.. kalau usahanya gagal... yah.... coba lagi.

Kalau gagal lagi ???
yah.. kasian deh lo..
hihi
*postingan tak bertanggung jawab*

2 comments:

  1. Hi, salam kenal ya. :-D

    Mau komen: "...Contoh, kalau biasanya WNI naik becak tarifnya 50k, kalau lihat gandengannya orang asing, abang becak minta tarif spesial 20k...."

    Lho? Kok WNI harus bayar 30K lebih mahal? ;))

    ReplyDelete
  2. hi Joan, salam kenal balik :)
    oiyaaa.. salah..kebolak! hihi

    ReplyDelete