Sunday, August 22, 2010

luxembourg

Sebagai hadiah ultah papa (ultahnya sih bulan juni.. hehehe), saya ajak Jo dan neng AL ber-long weekend di Luxembourg. Soalnya Jo suka cerita, waktu kecil dia seneng banget kalau di ajak JJS dan ber-camping di sini. Cuman karena waktu terbatas, kali ini kita cuma nginep di hotel. Next time, kita kemping beneran yah Pa! Pake tenda, dll...

Kami pergi ke daerah timur yang berbatasan dengan Germany dan di juluki La Petite Suisse atau Little Switzerland, soalnya katanya mirip-mirip ama Swiss. Bagus deh, ngirit nggak usah ke Swiss lagi :)

Kita nginep di hotel ini di 'desa' Haller. Kocak deh hotelnya. Warnanya ngejreng merah/ijo, dan kayaknya pemiliknya tergila-gila dengan F1, soalnya sampai ada mobil F1 di pajang, dan dekorasinya circuit abis. Tapi lumayan keren. Kamarnya gede dan modern. Puas deh!!!

Posisinya juga deket dengan Echternach, kota tertua di Luxembourg yang kalau kata orang belgie bilang 'gezellig banget'. Maksudnya kira2 'cozy'. kecil tapi nyaman.
Juga deket dengan Mullerthal dan air terjunnya yang kayaknya heboh banget tapi ternyata cuma seiprit, kecilll.. :))
Kita juga sempet jalan-jalan ke kastil Beaufort, dengan penjaranya dan torture room lengkap dengan alat2 penyiksaan jaman dulu yang bikin merinding liatnya. Juga ada semacam sumur yang kalau katanya Jo, kemungkinan itu adalah sumur tempat ngebuang orang. Di sebutnya 'sumur lupa'. Jadi orang dicemplungin situ, trus.. ups.. lupa deh (baca: dibiarin mati gitu aja). Eh tapi itu katanya Jo yah.. jadi kebenarannya boleh banget diraguin..

Kita juga sempet sok-sokan trekking milintasi hutan(di sini emang beken buat kegiatan yang sporty-sporty gitu deh).. tapi kita sepuluh menit juga udah ngos-ngosan.. :)
Abis itu, Jo ngajak kita buat naik kayak/kano menyusuri sungai Sauer (sungai yang melintasi Belgium, Germany dan Luxemburg). Gue sih oke-oke aja, sampai tiba-tiba gue menyadari bahwa gue harus mendayung kano sepanjang 14 km (+/- 3 jam) dari Dilingen sampai Echternach. Waks!! nyesel sangat.. tapi mo gimana lagi.. no other choice... lah wong gue nyadarnya pas udah di tengah sungai... hiks!! (lesson learned, next time cek dulu yang jelas!!!)
tapi sebenernya oke juga lah. pemandangannyaaa baguuuuus deeh... dan kapan lagi bisa naik kano diapit dua negara. sebelah kiri german, sebelah kanan luxembourg (sekali lagi, ini katanya Jo.. jadi keraguannya boleh diragukan!!!)

Pulang dari luxembourg, kita mampir kota SPA, di belgia. Spa ini, tempatnya berbagai macam spa. errr maksud gue, di sini dulu di temukan sumber air mineral yang berkhasiat buat nyembuhin penyakit dsb, dan karena itu mengilhami istilah 'spa'. bingung yah? gue juga.. ribet jelasinnya,  baca di sini aja deh!

Well, intinya, we had such a lovely long weekend dengan pemandangan yang sangat menyegarkan mata. Ijo royo-royo. Dan walaupun sekarang otot saya pada kaku dan rada-rada keseleo gara-gara ndayung kano 3 jam, saya seneng karena si papa hepi banget dengan kado ultahnya.

Enjoy the pics!!


Beaufort Castle




2 comments:

  1. 3 jam ngedayung... routenya ngga ada yg pendekan Fan ? Ijonya bener royo royo

    ReplyDelete
  2. ga da Liz!! makanya tangangue jadi besepir :))

    ReplyDelete